Jakarta, Detiksatu.id – Menteri Imigrasi dan Permasyarakatan (Imipas) Jenderal Pol. (Purn) Drs. Agus Andrianto S.H., M.H., menanyakan perihal layanan Kantor Imigrasi Kelas I Palembang kepada sejumlah pemohon paspor. Dia meminta warga melaporkan bila layanan imigrasi tak PRIMA.
PRIMA adalah slogan Kementerian Imipas, yang merupakan singkatan dari Profesional, Responsif, Integritas, Modern, dan Akuntabel.
Menteri Agus pun turut berdialog dengan pemohon layanan dan memastikan bahwa masyarakat mendapatkan pelayanan keimigrasian tanpa kendala yang berarti.
“Bagaimana pak pelayanan di Kantor Imigrasi Palembang ini, apakah ada kendala?, Kalau ada pelayanan yang tidak sesuai tolong disampaikan kepada saya,” ujar Menteri Agus ke salah satu pemohon paspor pada Senin (13/10/2025).
Pemohon paspor tersebut menjawab dirinya tak mengalami kendala yang berarti. Meski demikian, Menteri Agus tetap menekankan ke jajaran Imigrasi Palembang untuk memastikan masyarakat mendapatkan pelayanan yang baik. Jika sudah merasa baik, ujar Menteri Agus, terus tingkatkan kualitas agar berkelanjutan.
“Kepada petugas imigrasi, saya harap untuk terus membantu masyarakat yang mengalami kendala dalam mengajukan permohonan pelayanan paspor,” ujar Menteri Agus.
Kunjungan ini merupakan wujud nyata Menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan dalam mengupayakan pelayanan yang akuntabel dan transparan terhadap masyarakat. Kegiatan ini juga menjadi langkah sistematis dalam memperkuat kolaborasi dan sinergi antara pusat dan wilayah untuk mewujudkan layanan publik yang modern dan responsif.
Menteri Agus tampak berkeliling Imigrasi Palembang didampingi Plt Direktur Jenderal Imigrasi Yuldi Yusman, Direktur Jenderal Pemasyarakatan Mashudi, serta Inspektur Jenderal Imigrasi dan Pemasyarakatan Yan Sultra.
“Pastikan pelayanan keimigrasian yang diterima masyarakat mulai dari hulu hingga hilir dapat berjalan optimal dan mengedepankan akuntabilitas, profesional, serta kemudahan terhadap masyarakat,” pungkas Menteri Agus.
(Red/Rezha LDD)